Blog

Biaya Kuliah Top 20 Universitas Jerman vs Biaya Kuliah Top 20 Dunia

Study

Biaya Kuliah Top 20 Universitas Jerman vs Biaya Kuliah Top 20 Dunia

Biaya Kuliah Top 20 Universitas Jerman vs Biaya Kuliah Top 20 Dunia

Coba perhatikan baik-baik kedua tabel diatas. Saya rasa kita tidak perlu membahas lagi kenapa biaya kuliah di Jerman berapa ribu kali lipat lebih murah dari sekolah di negara lain.

Namun pasti timbul di kepala kita, kenapa TOP 20 Jerman jauh di bawah TOP 20 Dunia?

Alasan-alasan pribadi saya adalah yang pertama : universitas di Jerman milik negara dan automatis punya budget terbatas. Yang bekerja di universitas adalah orang memiliki fungsi dan mentalitas seperti pegawai negeri, yang tipikal cuman konsentrasi di dunia internal universitas, bukan mencari rangking di dunia.

Alasan kedua, sebagian besar penelitian-penelitian penting dikerjakan oleh mahasiswa di luar kampus dan disponsori oleh instansi luar misalnya seperti Fraunhofer Institut, Max Planck, etc. Jadi kalaupun ada penelitian teknologi yang berhasil sukses, yang menyandang nama adalah instansi tersebut, bukan universitasnya. Pengalaman saya sendiri dalam menulis thesis akhir saya, hasil thesis saya harus diserahkan kepada perusahaan BOSCH bukan kepada universitas, karena mereka yang membiayai semua penelitian dan thesis saya.

Alasan lainnya, fasilitas-fasilitas universitas Jerman yang disediakan untuk mahasiswa kalau saya bandingkan dengan fasilitas universitas elit di Amerika (misalnya Harvard) jauh berbeda. But you get what you paid, right? Jangan kita harapkan kalau universitas di Jerman ada berbagai ragam restaurant ,cafetaria, wellness ,sport hall atau shops. Universitas Jerman hanya menyediakan fasilitas inti untuk belajar, bukan untuk berekreasi. Tetapi kompensasinya fasilitas seperti music, sport, dll semua disediakan di luar kampus dan dengan biaya anggota yang sangat murah dan pasti terjangkau. Sekali lagi, tujuan universitas Jerman masih sangat konventional, tidak ada marketing dan bukan untuk mencari keuntungan dari uang kuliah pelajar, tapi sekedar memberikan ilmu dengan sebaik mungkin dengan budget yang sudah ditetapkan oleh negara. Oleh sebab itu untuk masuk ke universitas Jerman tidak mudah dan harus melalui berbagai macam tes, karena memang mereka hanya punya tempat terbatas dan budget terbatas.

 

 

Free 10 Days

Master Course Invest On Self Now

Subscribe & Get Your Bonus!
Your infomation will never be shared with any third party