Blog

Mengapa memilih Jerman untuk studi dan tinggal?

Study

Mengapa memilih Jerman untuk studi dan tinggal?

Mengapa memilih Jerman untuk studi dan tinggal?

“Knowing what you want is the first step in getting it.”

Louise Hart.

 

Setiap manusia pasti mempunyai alasan untuk setiap keputusan yang dia ambil. Dibawah ini ALASAN-ALASAN kuat yang bisa menjadi panduan kepada kita, mengapa memilih Jerman untuk studi dan tinggal disini:

  1. KULIAH GRATIS dan MURAH dimana lagi?
    • Hampir semua universitas negeri di Jerman membebaskan uang kuliah untuk orang asing yang berasal dari dunia ke 3 (termasuk Indonesia). Satu-satunya negara bagian yang mengenakan biaya kuliah adalah negara Baden Württemberg (Jerman Selatan).
    • Biaya hidup di Jerman juga sangat murah dibandingan dengan negara-negara maju lainnya. Rata-rata biaya hidup per bulan untuk mahasiswa adalah 600-700€. Tapi kalian bisa menutupinya dengan bekerja sambil kuliah selama liburan sekolah. Setiap student mendapatkan ijin kerja selama 120 hari kerja full.
    • Berikut ini adalah perbandingan biaya study di Jerman dibandingkan dengan negara2 maju lainnya , so why you pay expensive, if you can study for free in Germany?
perbandingan biaya hidup di Jerman
  1. International recognized Degrees, No limit subjects (more than 20,000 programs, 1500 international programs), and collaboration with international universities
    • sejak tahun 2002, negara Jerman menyetarakan gelar pendidikan dengan dunia International. Dulunya lulusan Diplom berada diantar S1 dan S2, yang sulit untuk penyataraan. Sejak tahun 2002, sistem pendidikan nya sudah disetarakan dengan common degree seperti Bachelor, Master dsbgnya.
    • Ada sekitar 20 ribuan jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Seiring dengan kemajuan globalisasi dan internationalisasi, Jerman semakin banyak menyediakan program international dalam bahasa Inggris (menurut DAAD: more than 1500 programs) yang bisa kita pilih. Kita hanya perlu tahu jurusan apa yang kita inginkan.
    • Universitas-universitas Jerman memberikan kita kesempatan yang luas untuk mendalami bidang yang kita pilih, sehingga kita benar-benar menjadi expert di bidang yang kita tekuni dengan mendalam. Misalnya : IT => IT Management => kita bisa memilih IT Security, IT Consulting, E-Commerce, dsb.
    • Selama kuliah, universitas di Jerman juga mengadakan kerja sama dengan universitas-universitas di negara lain, misalnya China, Amerika, dsb. Mahasiswa bisa kuliah di negara tersebut dan diakui hasil kerja semesternya disini.
    • Tidak ada limit untuk mau kuliah apapun. Kesempatan untuk meneruskan kuliah setelah Bachelor, Master, PhD, dan jenjang terus keatas adalah tidak hanya gratis tetapi juga tanpa batas. Banyak program PhD dibiayai oleh universitas maupun perusahaan. Negara mana yang memberikan kesempatan ini selain Jerman?
  2. 18 months Job search after study must be enough!
    • Setiap mahasiswa yang sudah menyelesaikan kuliah disini baik Bachelor maupun Master, masih memiliki kesempatan untuk tinggal selama 18 bulan untuk mencari peluang kerja yang sesuai dengan keahlian dan bidang yang sudah dipelajari selama kuliah. Ini adalah waktu yang sangat lama dan bisa dipergunakan sebaik-baiknya. Selama 18 bulan mencari pekerjaan tersebut, untuk membiayai hidupnya disini, mahasiswa tetap boleh bekerja sementara (misalnya pekerjaan non-professional seperti di toko-toko, restaurant dsb) dengan visa after study nya.
    • Setiap tahun di hampir setiap kota menyediakan Job Messe (Pameran dari perusahaan2 yang menerima lowongan kerja) baik di dalam universitas maupun diluar. Ini ada kesempatan bagus sekali untuk dikunjungi.
  3. Unlimited support from the university and also from public authorities. Surga untuk para ilmuwan
    • Dengan adanya modul-modul yang luas dan mendalam, sepanjang kita kuliah dan selesai kita kuliah, Jerman bersedia mempromosikan bakat dan potensi Anda, tanpa ada pamrih apapun. Tekad, motivasi,dan komitmen membuka banyak pintu bagi kita disini.
    • Instansi pemerintah Jerman membuka pintu kepada mahasiswa untuk bekerja sama dengan mereka, mereka malah sangat senang sekali kalau bisa membantu kita untuk menyelesaikan disertasi kita.
    • Untuk orang berjiwa ilmuwan, maka negara Jerman adalah pundi emas mutlak. Mengapa? Universitas memiliki dana yang besar dari pemerintah dan semuanya dibiayai melalui pajak yang tinggi dari penduduk. Untuk penelitian-penelitian yang sangat mahal dan penting, universitas tidak akan sungkan untuk mencari bantuan dengan perusahaan-perusahaan raksasa untuk membiayai penelitian tersebut.
    • Seandainya kita mengalami masalah dibidang apapun juga, instansi-instansi sosial Jerman sangat bertanggung jawab untuk membantu kita. Kalau kita sampai mempunyai kesulitan dengan mencari tempat tinggal, kelaparan, kesakitan baik jasmani maupun rohani, Jerman menyediakan instansi-instansinya 24 jam untuk menolong kita.
  4. Aman, Terjamin, Indah, dan bebas ke 26 negara Schengen
    • Kita aman kemana saja, tanpa ada rasa takut (angka kriminalitas sangat rendah). Tabel dibawah adalah perbandingan angka kriminalitas antara negara Jerman dan negara lainnya.
    • Kesehatan kita terjamin tanpa melihat taraf sosial kehidupan dan background kita. Semua orang mendapatkan fasilitas kesehatan dan berobat yang sama.
    • Kita bebas bergerak kapan dan kemana saja, bahkan ke 26 negara EU Schengen dengan infrastruktur transportasi yang canggih dan teratur
    • Tata kota dan alam yang sangat indah membuat mata dan hati kita sejuk selalu. Taman selalu terbuka dan gratis untuk siapa saja yang mau beristirahat.
angka kriminalitas (pembunuhan)
Jerman mengeluarkan dana kesehatan paling tinggi di dunia untuk penduduknya
  1. Made in Germany
    • Siapa yang tidak mengenal produk Made in Germany? So sebagai lulusan Made in Germany, kita boleh berbangga diri, kalo kita berkualitas tinggi.
    • Lulusan Jerman rata-rata terjamin karirnya, tabel berikut ini angka lulusan tidak mendapatkan kerja. Jerman hanya 2.4% yang tidak memiliki pekerjaan setelah kuliah.
angka pengangguran akademika Jerman vs international

Demikian alasan-alasan kuat untuk memilih Jerman untuk kuliah dan berkarir disini secara akademis. Keunggulan diluar akademis adalah dengan memutuskan untuk datang kuliah, bekerja, dan tinggal disini, kita sudah mendapatkan pengalaman hidup yang tidak ternilai, yaitu self or pesonal development.

Apakah alasan kalian? Thank you for leaving your comments below.

No comments to show.

Free 10 Days

Master Course Invest On Self Now

Subscribe & Get Your Bonus!
Your infomation will never be shared with any third party