Blog

The GOAL and WHY?

Study

The GOAL and WHY?

The GOAL and WHY?

Sebenernya masih banyak konten lain yang saya mau share, tetapi entah mengapa, topik ini menempel terus di kepala saya, dan hati saya bilang, Mina…you have to share THIS TOPIC, it is more important than others.

Yes, the GOAL and WHY! Apa yang sebenernya kalian impikan?Apa tujuan/goal kalian? Dan mengapa kalian ingin mewujudkan tujuan kalian tersebut? Metode ini sangat efektif dan gampang dan juga berlaku untuk semua orang, tidak hanya untuk orang yang studi ke Jerman ataupun mau tinggal disini. Have fun!

All you need is only 3 things :

  1. Beberapa kertas kosong untuk menggambar / sketsa
  2. Pensil / bolpen
  3. Hati yang terbuka

Pertama-pertama kalian tulis atau gambar dulu Goal kalian diatas kertas.

Contoh sebuah Goal = “Saya mau kuliah di Jerman”

Sebuah Target/Goal bisa tercapai kalo kalian bisa menjabarkan Goal kalian dengan detail, yaitu dengan menjawab pertanyaaan SMART:

  1. S_pecific
  2. M_easureable
  3. A_Achievable
  4. R_elevant
  5. T_ime based
  • Specific = lebih spesifik kuliahnya apa =>Saya kuliah IT jurusan E-Commerce di Jerman (kota nya to be defined)
  • Measureable = Bisa dinilai goalnya dengan apa => lulus dengan gelar Bsc di tahun 2025
  • Achievable = Bisa dicapai dengan apa => Saya kuliah IT jurusan E-Commerce di Jerman dan lulus dengan gelar Bsc kalau saya bisa memenuhi persyaratan2 masuk kuliah (misalnya : lulus bahasa minimal B1, lulus masuk studienkolleg: Aufnahmeprüfung)
  • Relevant= faktor-faktor relevant apa yang saya butuhkan untuk mencapai goal saya=> Saya sekarang SMA, saya butuh ijazah SMA dengan nilai UN minimal 60, info soal belajar bahasa Jerman, saya butuh informasi tentang Universitas yang ada jurusan saya, saya butuh info soal biaya, maybe saya butuh seorang coach yang bisa membantu dan memotivasi saya.
  • Time based= Deadline goalnya kapan? misalnya dengan membuat timeline seperti dibawah kamu bisa mendapatkan deadline goal.
Smart Goal
smart goal
timeline
simple timeline

Done? Great Job! Okay, finish? NOT YET!

Your Goal and WHY does it matter to you?

Biasanya setelah membuat Goal, orang langsung membuat Plan, how to achieve the goal right? It is very good, jadi kita jalan step by step menuju ke goal kita. Tapi please STOP it. Sebelum kita detail membuat plan dll, please ask WHY?

So please do this steps, close your eyes…take a deep breath….think it over your heart deeply. Yang kamu butuhkan adalah mengajukan pertanyaan : “APA YANG KAMU RASAKAN KALAU KAMU BERHASIL….” (What does it matter to you?), dan kamu tanyakan jawabannya berkali-kali, minimal 3 kali, sampai kamu tidak bisa menemukan lagi jawabannya, dan kamu merasa lega dengan jawaban terakhir kamu. Let’s try!

Contoh sebuah Goal : “Saya mau kuliah IT Jurusan E-Commerce di Jerman”

  1. Why – Mengapa saya mau kuliah IT Jurusan E-Commerce di Jerman?
    • Karena IT E-Commerce adalah future yang bagus dan saya suka bidang itu => Kesukaan akan Bidang IT 
  2. Apa yang kamu dapatkan/rasakan kalau IT E-Commerce adalah future yang bagus dan kamu suka bidang itu
    • Saya akan mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan gaji yang besar, dan saya akan merasa puas => Kepuasan, Bercukupan
  3. Apa yang kamu dapatkan/rasakan kalau kamu mendapatkan perkerjaan bagus dgn gaji yang besar?
    • Saya akan merasa bangga, begitu juga keluarga saya => Kebanggaan 
  4. Apa yang kamu dapatkan/rasakan kalau kamu merasa bangga dan bisa menjadi kebanggaan orang tua saya?
    • Saya merasa tugas saya berhasil dan saya siap dengan babak hidup selanjutnya yaitu berkarir dan berumah tangga => Keberhasilan, Family
    •  

Kalau kamu bisa menjawab semua pertanyaaan WHY dan step by step mempertanyakan jawabannya sampai sedalam mungkin sampai akhirnya kamu tidak mempunyai jawabannya lagi. Terakhir yang kamu harus lakukan adalah : bertanya kepada diri kamu sendiri : How do you feel now?

Kalau kamu punya perasaan senang dan lega bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, CONGRATULATION ! You are on the right way to your Goal. Goal hanya bisa dijabarkan secara detail (specific) , diukur (measureable)dll. Tapi dengan Why, kamu bisa merasakannya, mengerti nilai- nilai yang kamu ingin capai. Nilai-nilai itu seperti: puas, bangga, bahagia, lega, bisa juga iri, dendam, dsbgnya. Sekali lagi Goal yang berarti dalam hidup kamu adalah kalau kamu mengetahui secara tepat apa yang kamu inginkan dan mengapa kamu inginkan itu.

a smart and meaningful Goal = Know WHAT you want it + Know WHY you want it

Saya menganjurkan metode ini karena ketika kita punya goal/ target yang sangat tinggi, tapi kita akhirnya merasakan tidak bahagia dengan jawaban terakhir, misalnya : saya hanya mau menyenangkan keinginan orang tua ataupun karena saya tidak mau kalah dengan si A. So..you have to change your goal ! This is not your goal, but your parent’s goal! Thank God, kalo kalian bisa menyadarinya sekarang juga. Bayangin rasanya tersiksanya seperti apa kalau kalian menjalankan dengan susah payah semua planing, to-do list ini itu, kalo ujung-ujungnya kalian tidak berbahagia dan hati kalian bilang kalau sebenarnya bukan itu yang diinginkan.

Silahkan coba metode mencari tahu Goal and Why sebelum kalian memutuskan untuk datang ke Jerman. Good Luck ! Please share hasil kalian ke saya baik melalui email ke info@minamulia.com or tulis komentar dibawah ini, saya akan sangat senang membacanya

Yours,

Mina

Free 10 Days

Master Course Invest On Self Now

Subscribe & Get Your Bonus!
Your infomation will never be shared with any third party