Blog

Tipe Belajar apakah saya ini?

Study

Tipe Belajar apakah saya ini?

Tipe Belajar apakah saya ini?

Saya ingin share cara mengetahui, tipe belajar apakah kita ini. Ini adalah tambahan penting untuk topik sebelumnya di blog : Bagaimana belajar cepat bahasa Jerman.

Dengan mengetahui terlebih dahulu type belajar, kita bisa menemukan metode yang efektif untuk belajar lebih cepat, baik belajar bahasa maupun hal lainnya. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam meresapi apa yang dipelajarinya. Ada yang butuh visualisasi atau gambar-gambar untuk belajar, baru bisa masuk ke kepala, ada juga orang yang cara belajarnya, ditulis ulang semuanya, baru masuk ke kepala. Tapi ada juga yang bilang, saya tidak bisa membaca tulisan saja, saya harus ada prakteknya dengan melakukan sesuatu baru bisa nempel dan mengerti apa yang saya pelajari. At the end of blog, ada link ke test yang dikembangkan oleh Pennsylvania General Assembly, PHEAA, di USA, yang bisa kalian lakukan (for free) , untuk mengetahui tipe ini.

Pada dasarnya ada 3 macam tipe belajar:

  1. Visual Learner

Seorang pelajar visual lebih suka belajar dengan menggunakan penglihatannya. Dia memahami dan mengingat apa yang dipelajari melalui gambar, sketsa, warna. Biasanya pelajar visual itu butuh tempat tenang untuk belajar. Mengapa? Karena dengan ketenangan dia bisa membayangkan apa yang sedang dipelajarinya. Kalau terganggung, konsentrasinya akan buyar. Dibawah ini ada beberapa tips buat orang yg suka belajar secara visual:

  • Dalam mempelajari vocabulary ataupun gramatik, gunakan kartu-kartu yang ada gambar, berwarna, ataupun diagram untuk belajar hal2 baru (misalnya kata-kata baru vokabular)
  • Cari buku-buku yang jenisnya story telling, jikapun harus membaca buku yang banyak teks daripada gambar, dianjurkan untuk menggambar ulang apa yang dipelajari di kertas, dan menulis kata-kata kunci dibagian gambar tersebut, dan kalau perlu diberi tanda dengan stabilo warna warni
  • Hindari gangguan selama belajar, karena pelajar tipe visual sangat butuh ketenangan
  1. Auditory Learner

Untuk orang yang tipe belajar auditori, mereka lebih suka mendengarkan (lisan) daripada tulisan. Tips untuk orang yang tipe belajar Auditori:

  • Membaca ulang teks, cerita, tugas, petunjuk dengan suara lantang dan jelas. Dengan membaca ulang semua teks , itu akan ditransformasi ke bunyi dan masuk ke pendengarannya, dan bunyi itu akan disimpan sebagai informasi di kepalanya.
  • Merekam suara sendiri saat mengeja kata-kata dan kemudian dengarkan rekamannya kembali (misalnya : voice memo di IPhone)
  • Media yang tepat untuk pelajar tipe Auditory adalah podcasts atau audiobook. Jaman sekarang sudah tersedia banyak sekali channel di podcasts dan buku-buku sudah tersedia dalam bentuk audiobook (misalnya di Audible)
  1. Tactile Learner

Orang yg type pelajar tactile, akan memahami apa yang dipelajarinya dengan menyentuh dan melalukan gerakan fisik. Jadi kalau tidak ada yang bisa disentuh, maka orang tipe ini perlu bergerak, misalnya memindahkan sesuatu, mencoret-coret atau menggambar. Dia akan semangat belajar dan aktif sekali kalau ada sesuatu yang bisa dibangun dengan tangannya. Duduk diam ditempat adalah hal yang paling tersiksa. Saat membaca, dia perlu menggerakkan tangan ataupun kaki. Tips untuk orang yang tipe belajar tactile:

  • Seandainya harus membaca teks, dan tidak ada media yang bisa dipraktekkan dengan tangan, dianjurkan memerankan tulisan atau cerita yang ada dibukunya, termasuk sambil membaca ulang sambil menggerakan seluruh badan, mulai dari mimik, tangan, maupun badan.
  • Biarkan tipe tactile ini belajar sambil berjalan-jalan, mengunyah-ngunyah permen karet, bergoyang dikursi, menggerakan jari-jarinya. Itu hal yang diperlukan tipe ini untuk untuk mengingat kata-kata baru dan meresapinya.
  • Perlu istrahat sebentar karena tipe ini sangat aktif dan perlu recharge energinya kembali
  • Dapat menggunakan komputer untuk menulis ataupun menggambar. Kalau dia bisa menggunting gambar atau tulisannya, dan menempel disebuah papan tulis, itu lebih baik lagi, karena tangannya bergerak dan apa yang dikerjakan dengan aktif akan menempel dikepalanya.

Tipe belajar seperti apakah kalian? Kalau kalian masih belum tahu,termasuk tipe apa, dan ingin tahu cara mengetahuinya? Lakukan tes lewat link ini : What’s your learning style? Semoga topik ini bisa membantu dalam memilih metode yang efektif untuk belajar.

Saya sendiri termasuk tipe auditori. Membaca teks adalah hal yang horor untuk saya. Selain mendengar lewat audio, saya mengulang hal-hal yang saya pelajari secara efektif dengan cara bercerita kepada teman atau partner, dan tanya pendapat mereka. Kedepannya, impian saya adalah membuat channel podcast untuk kalian selain menulis blog ini 🙂

Schönes Wochenende, bleib gesund !

 

Image configurated with clipart

Free 10 Days

Master Course Invest On Self Now

Subscribe & Get Your Bonus!
Your infomation will never be shared with any third party